Selasa, 20 Oktober 2015

Contoh Aplikasi Sistem Informasi Manajemen pada Instansi

KOMTRAX merupakan singkatan dari Komatsu Machine Tracking System yang menggunakan state-of-the-art teknologi komunikasi bergerak dan berbasis internet untuk mengetahui rekam jejak pada alat konstruksi, misalnya tentang lokasi alat terkini, waktu operasi, jumlah bahan bakar yang tersisa, informasi vehicle cautionary dan jadwal penggantian consumable parts. Saat ini KOMTRAX sudah menjadi fitur standar untuk alat konstruksi berukuran kecil dan menengah.
KOMTRAX (Komatsu Machine Tracking System) adalah sistem inovasi baru yang memanfaatkan teknologi komunikasi mobile dan teknologi internet yang sedang berkembang. Sistem ini memungkinkan karyawan di kantor untuk memperoleh akses ke mesin dan data yang sebelumnya hanya bisa diakses di lapangan, seperti posisi mesin saat ini, service meter (hour meter) dan pembacaan alat ukur bahan bakar, indikasi masalah mesin, dan waktu penggantian suku cadang. KOMTRAX menyediakan “Total Fleet Management System” yang mampu untuk meningkatkan pemanfaatan armada alat berat, mengurangi downtime, efektifitas biaya kerja, serta menurunkan biaya kepemilikan dan operasi.
KOMTRAX memudahkan anda untuk mengontrol keadaan mesin dengan memberikan informasi penting tentang peralatan dan operasi mesin. Tanda-tanda tidak wajar pada mesin akan diinformasikan kepada PT United Tractors Tbk (UT) sebagai distributor resmi Komatsu, seperti masalah serius yang terjadi, memungkinkan untuk dukungan yang lebih baik, pengurangan biaya, dan mengurangi downtime.
 
Alat berat yang menggunakan terminal KOMTRAX berfungsi untuk mengumpulkan data-data sebagai berikut:
1. informasi lokasi, dengan menggunakan sebuah penerima global positioning system (GPS) internal.
2. informasi dari berbagai sensor dan controller dari alat tersebut. Data ini disiarkan ke web server Komatsu melalui satelit. Server menyimpan informasi yang diterima dari setiap alat di sebuah basis data dan data ini dapat diakses oleh para pelanggan, sales atau perusahaan rental.

Sumber :
waina270809.wordpress. 2015. SIM (Sistem Informasi Manajemen). (Online), (https://waina270809.wordpress.com/sistem-informasi-manajemen/).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar