Rabu, 28 Oktober 2015

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Sistem Informasi VS Teknologi Informasi
Seringkali kita bingung untuk membedakan antara sistem informasi dengan teknologi informasi. Agar lebih mengerti, kita pelajari dahulu pengertian dari  sistem informasi dengan teknologi informasi ini.
Pengertian Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Sistem informasi diciptakan untukmemudahkan kegiatan manusia , pengefisienan waktu,ruang dan uang. Ini semua dapat tercapai manakala sistem informasi yang ada dapat mendukung semua aktivitas manusia dalam hal pendidikan, Bisnis maupun urusan pemerintahan.
Berikut tipe sistem informasi  :
Transaction processing systems (TPS): Capture and record information about organization’s transactions (mengambil dan menimpan informasi tentang transaksi dalam sebuah kumpulan).
Management information systems (MIS): Take information captured by TPS and produces reports for planning and control(mengambil informasi yang diambil dari TPS dan membuat laporan untuk perencanaan dan pengontrolan).
Decision support / knowledge-based systems (DSS/KBS): Explore impact of available options or decisions (what-if scenarios)(mengekplorasi dampak pilihan yang cocokan atau keputusan).
Enterprise applications: Highly integrated systems that support company-wide operations and data( sistem integrasi tinggi yang mendukung pengoperasian perusahaan yang besar dan data dari perusahaan).
Communication support systems: Facilitate communication internally and with customers and suppliers (fasilitas komunikasi di kalangan internal dan dengan konsumen dan penyedia).
Office support systems: Help employees create and share documents(membantu pekerja membuat dan membagikan dokumen ).

Pengertian Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999). Semua bidang membutuhkan teknologi informasi, baik hukum, ekonomi, perbankan, kesehatan, dll.

Contoh pengaruh Teknologi informasi dan sistem informasi dalam proses bisnis
1.       Aturan lama : Manajer membuat semua keputusan ; jenis teknologi informasinya: pendukung keputusan; hasil aturan baru: pembuatan Keputusan adalah bagian dari setiap orang.
2.       Aturan lama : hanya pakar yang dapat melaksanakan pekerjaan kompleks ; jenis Teknologi informasi :Sistem Pakar(Expert System); Aturan Baru : Orang awam dapat melakukan Pekerjaan Pakar.
3.       Aturan lama : Informasi hanya dapat muncul di satu tempat saja ; Teknologi informasinya: Berbagai sistem basis Data ; Aturan Baru :Informasi dapat di munculkan di banyak tempat secara bersamaan ketika diperlukan.
4.       Aturan lama : Pendaftar maupun Petugas memerlukan tempat untuk mengambil , menyimpan sebuah atau banyak data ; Teknologi informasi /Sistem informasinya: Sistem informasi pendaftaran SNMPTN ; Aturan Baru: pendaftar maupun petugas dapat mendaftar dimanapun dan kapanpun dia mau.

Jadi, perbedaan antara Teknologi Informasi dengan Sistem Informasi yaituSistem informasi mencangkup seluruh sistem didalam perusahaan secara keseluruhan termasuk teknologi informasi,akuntansi, manajemen, dll di dalamnya, sedangkan teknologi informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database, dll.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar